Minggu, 15 Juli 2012


TIPS MERANCANG DESIGN BILLBOARD

Billboard atau dikatakan juga media promosi outdoor sudah menjadi pekerjaan wajib bagi setiap designer grafis. Mereka selalu bergelut dengan media ini dalam menampilkan berbagai promosi aneka produk. Rancangan atau layout yang sempurna sehingga mudah untuk dimengeri dan menjadi perhatian publik.

Untuk merancang sebuh billboard maka banyak aplikasi yang dapat digunakan, baik yang berbasis image maupun vecor seperti : Corel Draw, Freehand , adobe Ilustrator dan Photoshop. Jadi dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menelaah tetang penggunaan aplikasi Photoshop.

Aplikasi photoshop merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk mendesign sebuah layout dari media promosi mulai dari brosur, poster, iklan Koran, banner dan media promosi besar seperti Billboard, Baliho dan lain-lain.

Berikut beberapa tips untuk merancang layout billboard dengan aplikasi photoshop.

  1. UKURAN
Disaat memulai merancang sebuah design, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran media. Kita harus mengetahui dimana nanti hasil design yang telah dicetak akan ditempatkan. Jadi untuk itu harus diketahui ukuran tata letaknya.
Contoh :
 Merancang design billboard yang akan dipasang pada media promosi outdoor 5x10M, maka designer grafis harus merancang layout design pada aplikasi photoshop harus 5x10M. tidak boleh lebih walaupun hanya 10 cm apalagi dikurangi.
File > New > weight 1000 cm high 500 cm

  1. RESOLUSI
Resolusi merupakan bagian terpenting kr akan menentukan kwalitas hasil print out nantinya, bagus atau tidaknya hasil cetak akan dipengaruhi oleh resolusi.
Apabila resolusinya rendah maka hasil cetak akan kabur dan blur sebab pixel gambar tidak rapat jadi seolah-olah gambar yang dirancang terkotak-kotak / pecah. Jika resolusinya terlalu tinggi hasil cetak sempurna dan bagus tetapi computer akan lambat melakukan proses kerja karena pixel gambar terlalu rapat dan banyak memakan memory computer sehingga proses kerja kita jadi lambat dan bias mengakibatkan aplikasi “Not responding”
Jadi berapa resolusi yang harus dilakukan. Resolusi yang digunakan berkisar antara 30 s/d 72 pixel bila media design sudah memiliki perbandingan 1 : 1.
Jika merancang media outdoor yang jarak pandang lebih dari 10 M maka dapat digunakan resolusi 30 pixel. Apabila dipasang indoor jarak pandang kurang dari 10 m, gunakan resolusi berkisar antara 50 s/d 72 pixel.

  1. COLOR MODE
Untuk media outdoor seperti billboard yang akan dicetak dengan mesin large formatted / mesin cetak besar, maka pada umumnya menggunakan format warna C : M : Y : K. Untuk itu kita harus menggunakan color mode CMYK.

  1. MARGIN
Margin atau garis batas design kita tempatkan pada media design untuk panduan agar penenmpatan text logo serta komponen media promosilainnya proporsinya pas sehingga indah untuk dilihat, jika tidak memperhatikan ini maka terkadang banyak design yang terkadang text atau logo terlalu kepinggir. Jika nanti terpasang pada media billboard atau lainnya kemungkinan besar akan terlipat. Jadi dari pengalaman yang saya lakukan maka margin yang saya buat 15 s/d 20 cm keliling design.

  1. FONT
Disaat menggunakan font baik huruf maupun angka, maka gunakan huruf yang tegas dan mudah untuk dibaca, sebab media billboard hanya akan dibaca orang sekilas paling lama 10 detik. Jika menggunakan font yang rumit maka akan susah di baca.

  1. WARNA
Pemilihan warna juga akan mempengaruhi orang untuk membaca, seorang designer grafis harus jeli memposisikan warna. Jangan terlalu banyak memberikan nunsa warna hingga sampai 5 warna. Alangkah baiknya gunakan 3 warna dan dari 3 warna ini bias dikombinasikan. Bila memasang media billboard diusakana menggunkan dasar putih. Kenapa sebab langit / awan selalu berwana putih dan jika panas terik akan membuat silau pandangan dan kurang menarik mata. Bisanya warna cerah seperti kuning dan biru akan cepat pudar apabila media promosi menghadap ketimur sebab akan berhadapan langsung dengan matahari sehingga warna cepat pudar.

Itu beberapa tips yang saya tuliskan sehingga bisa menjadi acuan. Jika ada tambahan dan masukkan silahkan berikan kritik saran pada kolom komentar.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar