Jumat, 13 Juli 2012

MARGIN DESIGN BILLBOARD

Billboard dan sejenisnya atau media promosi yang sering kita jumpai di lorong-lorong jalan kota dan menempel didinding dengan ukuran besar ( 5x10M, 6x12M, 4 x 6 M dll). sebagai media promosi beraneka ragam produk.

Bagi setiap designer grafis disaat akan merancang subuah billboard salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah margin. kenapa ? sebab margin akan memberikan kesan agar penempatan text logo dan pernak pernik lainnya tertata dengan baik dan rapi.

Berapa margin yang harus diberikan ?
Margin untuk media besar seperti billboard dan sejenisnya minimal 10 cm dan max 25 cm
1.  Penggunaan margin 10 CM
Margin 10 cm pada media outdoor diberikan disekeliling media design yang akan kita buat. Penggunaan marigin 10 ini digunakan jika : design yang kita rancang tidak terdapat frame media billboard yang akan dipasang  nantinya 
Contoh :

      
Penggunaan marigin sewaktu akan merancang sebuah design itu sangat penting, banyak kasus terkadang text ataupun logo  yang terpasang terlampau ke pinggir media billboard.
seperti contoh design diatas sudah memberikan marigin yang baik segingga posisi text dan logo tidak terlalu kepinggir. Hasilnya memberikan kesan rapi dan tertata dengan baik.

Berikut diberikan contoh design layout yang marginnya tidak teratur sehingga sewaktu dipasang pada media promosi terkesan kurang rapi, dimana marginnya tidak seimbang baik kiri, kanan atas dan bawah, sehingga pada bagian bawah terdapat text yang hampir terlipat.
contoh :


Jadi dari kasus diatas bisa diambil kesimpulan, bahwa margin itu penting untuk melakukan proses dalam menentukan penataan letak dari sebuah media promosi. Indah dipandang dan memikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar